Kamis, 15 Oktober 2015

RUANG LINGKUP BISNIS

Pengertian Bisnis dan Jenisnya
Bisnis adalah serangkaian usaha yang dilakukan satu orang atau lebih individuatau kelompok dengan menawarkan barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan/laba.Bisnis merupakan sebuah usaha, dimana setiap pengusaha harus siap untung dan siap rugi.Bisnis tidak hanya tergantung dengan modal uang, reputasi, keahlian, ilmu, sahabat dankerabat dapat menjadi modal bisnis.Bisnis menurut Brown dan Petrello yaitu business is an institution which produces goods and services demanded by people. Artinya bisnis ialah suatu lembagayang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Apabila kebutuhanmasyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun akan meningkat pula perkembangannyauntuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.
Tujuan Kebijakan Bisnis
A.      Melindungi usaha kecil dan menengah.
 Kebijakan bisnis dibuat untuk melindungi usaha kecil dan menengah, karena mayoritas bisnis di Negara kita ini di dominasi oleh usaha-usaha menengah ke atas. Kebijakan ini berguna u ntuk mencegah usaha kecil tersingkir dan tidak mempunyai lahan atau wilayah berusaha. Padahal justru usaha kecil ini yang perlu dikembangkan sehingga bisa menjadi lebih besar dan mempunnyai daya saing.
B.      Melindungi lingkungan hidup sekitarnya.
 Melakukan bisnis atau usaha di Negara kita ini memiliki aturan, dan itu diharuskan. Aturan tersebut antara lain adalah tujuannya untuk tidak merusak atau memberi dampak negative kepada lingkungan hidup sekitar wilayah tempat usaha tersebut.Tidak dibenarkan jika membuang limbah ke tempat yang dimanfaatkan oleh  penduduk sekitar, seperti sungai. Dengan adanya kebijakan ini, maka para pebisnis  juga akan meminimalisasikan dampak negative yang nantinya akan berimbas kepada  penduduk dan lingkungan hidup sekitarnya.
C.      Melindungi konsumen.
 Bisnis yang baik adalah usaha bisnis yang mementingkan pelayanan kepada konsumen. Konsumen adalah raja yang perlu dilindungi. Konsumen jangan sampai dirugikan atau dikecewakan oleh karena mengkonsumsi jasa atau barang yang diproduksi dari para pebisnis tersebut. Segala yang diberikan kepada konsumen haruslah yang terbaik dan pelayannya pun harus prima. Jika konsumen merasa dilindungi dan mendapatkan yang terbaik dari para pebisnis tersebut, konsumen tidak segan-segan bekerja sama kembali.
D.      Pendapatan pemerintah.
 Banyaknya bisnis yang beroperasi di Negara kita ini tentunya juga memberikan keuntungan bagi Negara kita juga. Bisnis yang beroperassi memiliki kewajiban untuk membayar pajak kepada pemerintah. Inilah yang sering kita sebut dengan devisa. Semakin banyak untung/laba yang diperoleh suatu uasaha bisnis, semakin besar pula ia harus membayar pajak Negara demikian sebaliknya. Devisa yang diperoleh tersebut digunakan lagi oleh pemerintah untuk melakukan  pembangunan di tiap-tiap wilayah di Negara kita ini. Namun sering terjadi  penyelewengan terhadap uang yang seharusnya menjadi hak rakyat ini ( korupsi ).
Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar
1.       Monopsoni
 Monopsoni, adalah keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan  pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas. Kondisi Monopsoni sering terjadi didaerah-daerah Perkebunan dan industri hewan potong (ayam), sehingga posisi tawar menawar dalam harga bagi petani adalah nonsen. Perlu diteliti lebih jauh dampak fenomena ini, apakah ada faktor-faktor lain yang menyebabkan Monopsoni sehingga tingkat kesejahteraan petani berpengaruh. Salah satu contoh monopsoni juga adalah penjualan perangkat kereta api di Indonesia. Perusahaan Kereta Api di Indonesia hanya ada satu yakni KAI, oleh karena itu, semua hasil produksi hanya akan dibeli oleh KAI.Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar

2.       Oligopoli
Pasar oligopoli adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai  bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan,  pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka. Praktek oligopoli umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menahan perusahaan-perusahaan potensial untuk masuk kedalam pasar

3.       Oligopsoni
Oligopsoni, adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai  penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu  pasar komoditas.

4.       Pasar monopoli
Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai“monopolis” Sebagai penentu harga (price-maker), seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi; semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam  penetapan harga.
Unsur-unsur Penting dalam Aktivasi Ekonomi
a.Keinginan Manusia Keinginan Manusia merupakan unsur terpenting dalam aktivitas ekonomi karena manusia memiliki keinginan yang membuat mereka dapat berpikir keras untuk memenuhi keinginannya tersebut. Seperti keinginan untuk berhasil di bidang  bisnis. Manusia akan mencari cara agar pruduk yang mereka ciptakan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. 
b.Sumber Daya Sumber daya merupakan hal terpenting ke dua dalam aktivitas ekonomi. Karena sumber daya juga merupakan kunci dalam memperoleh kesuksesan dalam  bidang ekonomi. Contohnya saja seorang yang ingin memulai usaha warnet namun, ia tidak mengerti tentang jaringan internet atau-pun komputer itu sendiri. Maka itu bias menyebabkan ketidak nyamanan para pelanggannya ketika terjadi gangguan. Maka seharusnya pemilik harus memiliki sumber daya manusia yang cukup
c.Cara-cara berproduksi ( Tehniques Of Production) Cara pembuatan barang pada umumnya berada di luar bidang ekonomi, tetapi  persoalan barang-barang dan atau jasa-jasa apa yang harus di produksi, berapa  banyak barang atau jasa yang harus diproduksi dan cara-cara mana yang di gunakan untuk memproduksi barang dan jasa tersebut sehingga mencapai  pembiayaan yang minimal dan hal tersebut adalah termasuk bidang ekonomi dan merupakan pesoalan-persoalan yang harus diperhatikan oleh ahli-ahli ekonomi
Hakikat bisnis
Dasar dalam memahami bisnis adalah memahami ilmu ekonomi. Karena bisnis merupakan suatu bentuk dari kegiatan ekonomi. Ekonomi merupakan studi tentang  bagaimana suatu masyarakat memilih untuk menggunakan sumber-sumber daya yang langka untuk menghasilkan atau memproduksi barang dan jasa dan mendistribusikannya kepada masyarakat untuk dikonsumsi. Beberapa kunci untuk memahami ekonomi:

·         Sumber daya
·         Barang dan jasa

·         Alokasi sumberdaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar